-->

Persiapan ibadah haji yang wajib diketahui apa saja?

Mitra1paytren- Alhamdulillah musim haji tahun 2019 tinggal beberapa bulan lagi, semoga Allah berikan kesehatan dan kekuatan serta umur panjang sehingga Inshaa Allah saya akan bertolak dari tanah air menuju makkah untuk menjalankan ibadah haji di tahun 2019 ini. Mohon do'a nya ya, terima kasih.

Persiapan ibadah haji yang wajib diketahui, mitra1paytren

Apa sajakah persiapan ibadah haji yang perlu kita ketahui?

Menjalankan ibadah haji memerlukan banyak persiapan. Apalagi ibadah yang dilakukan di Tanah Suci Mekkah dan Madinah, ini menjadi paripurna dari keislaman seorang muslim, baik laki- maupun perempuan. Tidaklah heran jika banyak orang berusaha keras untuk bisa menunaikan niatnya menjalankan ibadah haji, dengan persiapan yang mumpuni.


Untuk anda yang saat ini sedang berniat menjalankan ibadah haji ke Tanah Suci, jangan lupa lakukan beberapa persiapan ibadah haji berikut ini.

Update Pengetahuan Ibadah haji ke Tanah Suci

Sambil menunggu jadwal keberangkatan ke Tanah Suci, tak ada salahnya untuk memperbarui wawasan pengetahuan agama, khususnya mengenai tata cara beribadah haji. Selain menghadiri pengajian, berguru pada ahli agama, juga mengikuti manasik haji yang memang diwajibkan beberapa bulan sebelum hari keberangkatan.

Persiapkan Fisik dan Kesehatan

Kondisi cuaca yang berbeda antara di Indonesia dan Arab Saudi, membuat calon jamaah haji perlu mempersiapkan kondisi fisik dengan sebaik-sebaik. Mengatur pola makan dengan baik, jadikan olahraga sebagai rutinitas harian. Dan jangan lupa untuk memeriksakan kondisi kesehatan secara berkala. Supaya saat hari H tiba, baik fisik maupun kesehatan bisa siap sepenuhnya.

Tips Packing yang Memudahkan Perjalanan Haji

Paling tidak jamaah haji memerlukan 40 hari untuk menjalankan ibadah haji di Tanah Suci. Selama itu pula, diperlukan banyak barang untuk mencukupi kebutuhan. Agar tidak terlalu banyak membawa koper, cobalah menerapkan tips packing yang tepat. Seperti menggulung pakaian daripada melipat biasa agar koper bisa diisi dengan lebih efisein. Prioritaskan pula barang yang lebih penting untuk dibawa. Anda bisa mempelajarinya dari pengalaman saudara dan kerabat yang sudah lebih dulu ke Tanah Suci. Selain itu, cobalah untuk packing jauh-jauh hari, sambil  memastikan barang-barang yang penting telah terbawa.

Siapkan Pulsa Telepon dan Kuota Internet

Di jaman sekarang ini, komunikasi menjadi hal yang tak terputus begitu saja hanya sekadar beda negara. Datanglah ke kantor layanan operator telekomunikasi, untuk konsultasi atau bertanya tentang pilihan pulsa telepon terbaik yang tepat dibawa ke luar negeri. Atau, bisa juga membeli kartu SIM lokal Arab Saudi, untuk membeli kuota internet yang lebih murah. Setidaknya dengan ini, komunikasi dengan keluarga atau kerabat di rumah tetap terjalin secara lancar.

Menukar Uang Sebelum Keberangkatan

Menukar uang Rupiah Indonesia dengan Riyal Arab Saudi. Penukaran bisa dilakukan di money changer atau bank. Upayakan penukaran tidak di waktu mepet, seperti saat keberangkatan di bandara. Selain bisa jadi kursnya lebih tinggi, juga khawatir stoknya tak memenuhi karena orang yang beribadah haji berjumlah ratusan ribu, bahkan jutaan. Membawa uang seperlunya, demi keamanan sekaligus kenyamanan saat menjalankan ibadah haji.

Anda sudah siap pergi haji ke Tanah Suci atau masih memiliki pertanyaan tentang persiapan yang harus dilakukan?

Jika anda ingin mendaftar haji namun belum memiliki dana yang cukup, anda tidak perlu hawatir. Saat ini banyak bank-bank syariah yang menawarkan biaya pendaftaran haji, seperti Bank Syari'ah Mandiri, Bank Muamalat, Bank BNI Syari'ah, CIMB Syari'ah, dll. Anda tinggal menghubungi pihak bank dan memperiapkan syarat-syarat yang diperlukan. Atau anda juga bisa melalui yayasan penyelenggara ibadah haji dan umroh, seperti yayasan ulul albab yang ada di tangerang.

Demikian informasi mengenai persiapan ibadah haji yang perlu kita ketahui, semoga bermanfaat. Tetima kasih, Assalamu'alaikum.

0 Response to "Persiapan ibadah haji yang wajib diketahui apa saja?"

Post a Comment